Pengertian
Pemasaran
“pemasaran sering diartikan penjualan”
Setuju atau tidak?
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya
melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaan.
Unsur Pokok dalam Kegiatan Pemasaran
1.
Pemasar
Organisasi perusahaan atau perseorangan yang mempunyai
tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya.
2.
Barang atau jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
3.
Pemerintah
Berorientasi terhadap kesejahteraan umum
4.
Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan
yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan
terhadap barang atau jasa.
5.
Proses pertukaran
Kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan suatu milik
pihak yang lain sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
masing-masing.
Pemasar sebagai kapasitas produktif. Barang
sebagai proses pertukaran.
Lingkup Pengertian Pemasaran
Lingkup kegiatan pemasaran antara
kepentingan internal (lingkup mikro perusahaan pemasar) dengan pasar pada
posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal).
Pemasaran Mikro-Internal
Untuk pencapaian tujuan organisasi pada
lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan
pengelola) sangat diperlukan.
Pemasaran Makro-Eksternal
Pemasaran perusahaan-perusahaan dalam
skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen berusaha memenuhi
kebutuhan masyarakat.
Fungsi Pemasaran Universal
Pembelian, penjualan, pengiriman,
penyimpanan, standardisasi dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko,
pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran (seperti iklan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar