Sabtu, 17 Mei 2014

Pengertian, Unsur Pokok, dan Fungsi Pemasaran

Pengertian Pemasaran
“pemasaran sering diartikan penjualan”
Setuju atau tidak?
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur Pokok dalam Kegiatan Pemasaran
1.      Pemasar
Organisasi perusahaan atau perseorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya.

2.      Barang atau jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen

3.      Pemerintah
Berorientasi terhadap kesejahteraan umum

4.      Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

5.      Proses pertukaran
Kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan suatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masing-masing.






Pemasar sebagai kapasitas produktif. Barang sebagai proses pertukaran.

Lingkup Pengertian Pemasaran
Lingkup kegiatan pemasaran antara kepentingan internal (lingkup mikro perusahaan pemasar) dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal).

Pemasaran Mikro-Internal
Untuk pencapaian tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan pengelola) sangat diperlukan.

Pemasaran Makro-Eksternal
Pemasaran perusahaan-perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat.

Fungsi Pemasaran Universal
Pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standardisasi dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran (seperti iklan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar